Tips untuk Memulai Bicara dalam Bahasa Inggris

56 sec read

Memulai  bicara dalam bahasa inggris memang perlu dilakukan untuk melatih kemampuan speaking anda. namun, kebanyakan orang merasa kesulitan untuk memulai sebuah percakapan atau mengaplikasikan bahasa inggris di dalam percakapan sehari-hari. kunci utama untuk memulainya adalah jangan malu. jangan pernah malu untuk mencoba menggunakan kosa kata bahasa inggris yang anda miliki semaksimal mungkin. Bila tujuan kita adalah untuk belajar bahasa inggris, maka saya sangat yakin teman, saudara, maupun lingkungan akan memaklumi atau bahkan membantu anda untuk mampu bercakap menggunakan bahasa inggris.

Tips untuk Memulai Bicara dalam Bahasa Inggris

Gunakan pola S-P-O-K

Tahap awal untuk berbicara dalam bahasa inggris adalah dengan mengikuti pola S-P-O-K. jangan fiirkan grammar terlebih dahulu karena tujuan utamanya adalh untuk melatih vocabulary yang anda miliki. Sebelum memulai, anda harus mempunyai kerangka pemikiran seperti di bawah ini:

1. Subjek : siapa yang sedang berbicara? (I, you, he, she, they, we, it/name)
2. Predikat : sedang apa? (Verb)
3. Objek : terhadap siapa aktivitas itu dilakukan?
4. keterangan : jelaskan kapan, di mana, dan bagaimana aktivitas itu dilakukan. (Adverb)

Kita ambil sebagai contoh ketika anda sedang membaca koran, anda bisa melatih kemampuan speaking dengan mengucapkan kegiatan tersebut dalam bahasa inggris. Misalnya:

Siapa yang melakukan?
Saya      
I
Sedang apa?
membaca
read
Membaca apa?                
koran
newspaper
kapan/dimana?
setiap pagi
every morning

Anda dapat mengucapkan:

“I read newspaper every morning”

Rajin Berlatih

Cobalah terus berlatih untuk mengucapkan kegiatan yang sedang anda lakukan dengan pola di atas, bila menemukan kesulitan atau tidak mengetahui kosa-kata yang ingin digunakan, segera cari di dalam kamus agar vocabulary anda bertambah.

Dengan berlatih untuk Memulai Bicara dalam Bahasa inggris seperti ini, anda bisa mahir berbahasa inggris dengan lebih cepat.