Tips dan Cara Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris

1 min read

Tips dan cara memperkaya kosakata bahasa inggris ini saya dapatkan dari berbagai sumber dan tentunya juga dikombinasinan dengan pengalaman pribadi saya selama mempelajari bahasa inggris dari sd sampai lulus kuliah. Langkah-langkah yang saya berikan disini merupakan kegiatan-kegiatan positif yang inysa allah dapat membantu anda dalam memperkaya kosa kata bahasa inggris yang anda miliki.

Cintailah Bahasa Inggris

Cintailah kata-kata bahasa inggris, artinya niatkan dalam hati bahwa anda menyukai bahasa inggris, apabila anda sudah menyukainya maka jiwa anda akan bersemangat untuk mempelajarinya. Karna semua hal akan berjalan dengan baik apabila didasari ada kecintaan.

Biasakan Membaca dan Menebak Arti Kata

Bacalah banyak buku bahasa inggris, dapat dimulai dari genre yang anda sukai. Tentunya ketika membaca buku berbahasa inggris anda akan menemukan kata-kata baru yang tidak familiar dengan anda, jangan buru-buru membuka kamus. Pertama anda terka dulu apa kira-kira arti dari kata tersebut dengan mengartikan kata-kata sebelum dan sesudahnya. Setelah tu barulah membuka kamus apakah perkiraan anda itu benar atau salah. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam menghafal kosa kata bahasa inggris yang baru.

Bermain Game yang Berisikan Kosakata

Scrabble adalah permainan yang sangat baik untuk membantu anda dalam menguasai kosakata baru. Ketika bermain tentu akan muncul berbagai jenis kata di papan scrabble tersebut, apalagi bila anda bermain dengan beberapa teman. Dengan begitu anda dapat mempelajari kosakata baru ketika teman anda menyusun kata-kata yang anda tidak ketahui. Anda dapat menanyakanya langsung kepada teman anda mengenai arti kata tersebut, dengan begitu anda dapat menambah perbendaharaan kata yang anda miliki.

[sc:kodeadsense]

Gunakan Kosakata Baru

Cobalah untuk membiasakan diri mempelajari 3 kosa kata baru setiap hari kemudian aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari anda. Anda dapat menyisipkan kata-kata tersebut ketika berbicara, menulis pesan atau e-mail dan berbagai kegiatan lainnya. Dengan sering menggunakan kosa kata tersebut, anda akan lebih mudah dalam menghafalnya.

Carilah Teman yang Mahir Berbahasa Inggris

Carilah teman anda yang mahr menggunakan bahasa inggris, biasakan untuk berlatih menggunakan bahasa inggris ketika mengobrol dengannya. Atau apabila anda tidak memiliki teman yang mahir, anda dapat memanfaatkan situs jejaring social seperti facebook dan mencoba berteman dengan orang asing. Dengan melakukan chat bersama orang asing tentu anda akan menemukan kosakata yang baru dan tidak biasa, ketika menjumpainya anda bisa langsung menerjemahkannya secara online, dengan begitu kosa nata anda akan bertambah.

Menyimak Program TV/Radio yang Menggunakan Bahasa Inggris

Hal tersebut juga bisa anda coba untuk membiasakan telinga anda mendengar kosakata bahasa inggris dan cara pengucapannya. Akan lebih baik bila ketika anda menonoton tv atau film berbahasa inggris anda sambil memegang kamus sehingga bisa langsung mencari arti apabila menemukan kosakata yang tidak anda kenali.

Itulah beberapa cara memperkaya kosakata bahasa inggris yang bisa anda coba praktekan dalam kegiatan sehari-hari.