Tata Cara dan Panduan Menulis Skripsi Bahasa Inggris

1 min read

Menulis skripsi bahasa inggris sudah menjadi tugas yang wajib dikerjakan dalam perjalanan studi mahasiswa yang mengambil jurusan yang berhubungan dengan bahasa inggris, baik itu sastra maupun pendidikan. Menulis skripsi dalam bahasa inggris tentu akan lebih sulit bila dibandingkan dengan skripsi yang dibuat dengan bahasa indonesia. Proses penyampaian ide kedalam kalimat-kalimat bahasa inggris membutuhkan kemampuan grammar (tata bahasa) yang baik dan benar. Proses revisi pun menjadi lebih lama karena kesalahan bisa terjadi tidak hanya pada isi dari skripsi terssebut (metode, instrument, dsb) tetapi juga dari sisi tata bahasa (grammar/tenses). Oleh karenanya apabila anda ingin menulis skripsi bahasa inggris, sebaiknya perhatikan panduan yang ada di bawah ini:

Format Penulisan Skripsi Bahasa Inggris

Ketika saya menulis skripsi bahasa inggris pada saat kuliah dulu, saya mengkuti format penulisan skripsi seperti di bawah ini:

  • Cover (berisi judul dan nama penulis)
  • Aprroval (lembar persetujuan dari dosen pembimbing yang menunjukkan bahwa skripsi tersebut layak untuk dicetak)
  • Statement (berisi lembar pernyataan bahwa skripsi tersebut benar dibuat oleh anda dan tidak plagiat)
  • Dedication (lembar persembahan)
  • Motto (moto hidup anda)
  • Acknowledgment (ucapan terima kasih)
  • Table of content
  • List of tables, charts, figures, etc.
  • Abstract (penjelasan singkat mengenai isi skripsi tersebut)
  • Introduction (background, problem, objective, Uses, Scope, Definition of terms)
  • Literature review (landasan teori)
  • Research Methods (berisi kerangka penelitian)
  • Result and discussion
  • Conclution and suggestion

Ada beberapa metode yang harus saat menyusun skripsi dilakukan terlebih dahulu, seperti:

Observasi awal (pre observation)

Observasi awal merupakan langkkah pertama yang harus dilakukan di dalam proses penyusunan sebuah skripsi. Kita harus mengamati objek yang akan kita teliti dan mencoba menemukan masalah apa yang ingin di bahas di dalam skripsi yang akan kita buat. Dari masalah tersebut kita juga bisa menentukan tujuan dari penelitian yang akan dilakukan.

[sc:kodeadsense]

Membuat Hipotesis

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat ata menyusun hipotesis. Hipotesis merupakan praduga awal mengenai permasalahan yang ditemukan di dalam observasi. Kemudian hipotesis akan dibuktikan kebenarannya melalui penelitian.

Menyusun kerangka penelitian

Kerangka penelitian harus disusun dengan baik sehingga ketika anda melaksanakan penelitian semuanya dapat berjalan dengan lancar. Kerangka ini biasanya bersi jadwal penelitian, instrument yang akan digunakan, alat ukur, metode penelitian, dan sebagainya.

Melakukan penelitian berdasarkan kerangka

Setelah kerangka penelitian dibuat, anda harus mengeksekusinya dengan melakukan penelitian guna menemukan jawaban atas hipotesis yang telah dibuat.

Menganalisis data

Setelah penelitian dilakukan tentu akan menghasilkan sebuah data. Dari data tersebut, anda dapat menyimpulan apakah penelitian tersebut berjalan dengan baik atau tidak, atau memberikan dampak tertentu terhadap objek yang diteliti.

Membuat kesimpulan berdasarkan teori

Dari data tersebut, anda dapat meyimpulkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Anda juga harus mencari teori-teori yang dapat mendukung hasil temuan tersebut.

Setidaknya itulah beberapa langkah yang harus dilakukan ketika membuat sebuah karya tulis ilmiah seperti skripsi bahasa inggris.