Mengenal Fitur dan Keunggulan Aplikasi PicsArt Pro

3 min read

Menghasilkan kualitas gambar lebih baik, misalnya terlihat lebih dan menarik tidak harus menggunakan perangkat laptop dan software yang canggih. Saat ini, mengedit foto layaknya fotografer profesional dapat dilakukan hanya dengan bermodal smartphone. Banyak aplikasi yang tersedia di Play Store, serta dapat diunduh secara gratis.

picsart-pro

Salah satu aplikasi edit foto terbaik yang sudah diunduh lebih dari satu juta pengguna adalah PicsArt Pro. Banyak pula selebgram populer yang memanfaatkan aplikasi ini untuk memperindah tampilan feed instagram. Cara mengedit foto melalui aplikasi ini juga relatif mudah, fitur yang ditawarkan sangat lengkap.

 

Aneka Fitur pada Aplikasi PicsArt Pro

Fitur yang digunakan dalam mengedit foto agar hasilnya sempurna antara lain:

  1. Insert Clip Art

Clip art merupakan salah satu fitur keren yang dimiliki oleh aplikasi PicsArt. Biasanya digunakan untuk menutupi kekurangan dalam foto, atau digunakan sebagai sensor bagian tertentu yang tidak ingin diperlihatkan. Apabila memiliki foto bagus tetapi ada sedikit bagian yang cacat, bisa menutupnya dengan fitur ini.

  1. Filter

Hampir semua foto yang diunggah pada sosial media memanfaatkan filter. Dalam aplikasi PicsArt, sendiri terdapat berbagai macam filter yang dapat digunakan. Pengguna dapat memilih sesuai dengan keinginan. Cara menggunakan fitur ini sangat mudah, hanya dengan menekan satu jenis filter seketika itu juga tampilan gambar berubah.

  1. Sticker

Fitur yang satu ini memiliki kegunaan yang hampir sama dengan Clip Art. Bukan hanya itu, tampilan foto akan tampak unik. Pengguna yang memiliki keterampilan dan kreatif dalam mengedit dapat menghasilkan gambar yang lebih hidup dengan fitur ini. Foto yang awalnya biasa saja menjadi lebih berkesan.

  1. Template Gratis

PicsArt menyediakan hingga ribuan template yang dapat diunduh secara gratis melalui aplikasi. Fitur ini tidak hanya dapat digunakan untuk mempercantik tampilam foto, tapi juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan undangan, logo, kartu pengumuman, dan lain sebagainya. Biasanya template ini digunakan oleh para kreator pembuat meme lucu.

  1. Kamera Teroptimasi

Tidak semua smartphone memiliki kualitas kamera bawaan yang bagus. Fitur dari PicsArt yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan performa kamera. Pengguna dapat mengambil gambar langsung melalui kamera pada aplikasi ini. Hasil tangkapan foto lebih jelas dan jernih.

  1. Animasi GIF

Pengguna dapat membuat animasi foto menggunakan fitur ini. Gambar yang tersimpan dalam galeri smartphone dapat diedit dan diubah dalam format GIF. Ukuran yang tersimpan setelah diubah dalam gambar bergerak relatif lebih kecil dari file video. Hasil edit dengan fitur ini tergantung pada tingkat kreativitas pengguna.

  1. Foto Kolase

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur untuk membuat kolase. Pengguna dapat menggunakan lebih dari 10 template secara gratis. Foto kolase digunakan oleh mereka yang senang mengabadikan momen bersama keluarga, teman, dan orang-orang terdekat lainnya. Dengan fitur ini, seseorang dapat selalu mengenang aktivitas bersama orang tersayang.

  1. Corp

Fitur ini memiliki fungsi untuk memotong gambar, biasanya digunakan untuk menghilangkan bagian tidak penting di sebelah kanan, kiri, atas, atau bawah. Selain itu, corp juga dapat digunakan untuk menyesuaikan kemiringan foto agar terlihat lebih rapi. Begitu juga sebaliknya, meluruskan gambar yang sebelumnya tampak miring.

  1. Pemotong Gambar

Fitur ini berbeda dengan crop, pemotong gambar digunakan untuk menghilangkan objek tertentu yang tidak ingin ditampilkan. Seperti contohnya, ketika tanpa sengaja ada orang asing yang ikut tertangkap kamera. Bagian orang tidak dikenal tersebut dapat dihilangkan menggunakan fitur ini.

  1. Pemotong Bentuk

Sama seperti dua fitur pemotong sebelumnya, fitur ini dapat digunakan untuk memotong objek. Namun, bagian yang dipotong hanya gambar yang berbentuk seperti hati, lingkaran, persegi, segitiga, dan masih banyak lagi.

 

Cara Menginstal PicsArt Pro

Sebelum menginstal PicsArt Pro, terlebih dahulu unduh aplikasi melalui Play Store atau langsung saja klik https://rollingstone.co.id/picsart-pro/ sampai berhasil diunduh, berikut ini urutan langkah instal yang benar:

  1. Apabila mengunduh melalui link yang tertera, biasanya aplikasi tersimpan dalam file download pada smartphone, atau lihat pengaturan browser untuk mencari letak unduhan aplikasi tersebut.
  2. Setelah file aplikasi ditemukan, selanjutnya buka file tersebut. Lalu, klik instal dan tunggu sampai proses instal selesai.
  3. Aplikasi berhasil diinstal, aplikasi PicsArt siap digunakan.

 

Keunggulan PicsArt Pro Dibandingkan dengan Aplikasi Edit Foto Lainnya

Selain memiliki berbagai fitur yang sangat lengkap, PicsArt juga menawarkan berbagai kelebihan lainnya. Setidaknya, ada 10 kelebihan dan keunggulan aplikasi PicArt Pro berikut ini:

  1. Menyediakan lebih dari 30 pilihan effect, sehingga hasil edit gambar menjadi lebih menarik dan bagus.
  2. Banyak pilihan background dan frame, pengguna dapat memilih sesuai keinginan.
  3. Dapat menggabungkan lebih dari satu foto, bahkan hingga puluhan foto dapat dijadikan satu.
  4. Memang sebagian besar fitur dapat digunakan secara gratis, akan tetapi ada juga beberapa pilihan stiker yang berbayar. Beberapa fitur berbayar ini tentu lebih bagus dan menarik.
  5. Menyediakan berbagai macam fitur dan tools yang dapat digunakan untuk memotong gambar.
  6. Pengguna dapat menyeleksi foto sekaligus membuat overlay melalui fitur efek yang disediakan. Sehinga, pengguna bebas mengedit foto mengikuti kreativitas dan imajinasi.
  7. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengganti ukuran gambar, seperti lebar atau tinggi ukuran pixel.
  8. Bagi pemula yang masih awam dengan edit foto, dapat memanfaatkan effect FX karena tools ini berguna untuk memperbaiki gambar secara otomatis.
  9. PicsArt memiliki tools Magis yang dapat digunakan ketika smartphone terkoneksi dengan internet. Pengguna dapat membuat efek WPAP secara instan.
  10. Bagi pengguna yang hobi membuat quotes, PicsArt dapat menambahkan teks ke dalam foto.

 

Kekurangan PicsArt Pro

Dibalik kelebihan yang menguntungkan, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui oleh pengguna sebelum diinstal. Kekurangan PicsArt Pro diantaranya adalah:

  1. Aplikasi ini tidak dapat memperbaiki hasil tangkapan foto yang blur, dengan kata lain tidak dapat memperbaiki gambar menjadi lebih tajam atau rinci.
  2. PicsArt tidak dapat digunakan untuk mengatur kontras pada gambar.
  3. PicsArt juga tidak menyediakan fitur untuk mengatur kurva tonal, gunanya adalah untuk menyesuaikan paparan dan kontras dalam suatu gambar.
  4. Tidak dapat digunakan untuk mengatur efek paparan ganda pada gabungan dua gambar atau lebih.
  5. Saturasi warna pada gambar tidak dapat diatur menggunakan PicsArt.
  6. Aplikasi ini terlalu berat untuk smartphone berbasis android keluaran lama.
  7. Hasil editan gambar tidak dapat diupload pada sosial media sosial secara bersamaan.

 

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh PicsArt Pro, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk para penggemar fotografi menggunakan smartphone. Mengubah foto menjadi lebih menarik tidak harus menggunakan kamera dan software yang mahal. Dengan aplikasi sederhana ini, edit foto dapat dilakukan dengan mudah.

 

Baca Juga :