Pengertian dan Contoh Narrative Text Dalam Bahasa Inggris

1 min read

Narrative text di dalam bahasa inggris bisa dikatakan sebagai salah satu jenis text yang paling sering kita temui. Jika pada waktu kecil dulu anda sering dibacakan dongeng atau legenda, itu adalah sebagian contoh dari narrative text. Di dalam bahasa inggris sendiri kita mengenal banyak cerita yang cukup familiar seperti cinderella dan snow white. Sebuah narrative text biasanya berisikan sebuah cerita yang saling bertalian antara pengalaman nyata, khayal, ataupun peristiwa-peristiwa pelik yang mengarah kepada suatu krisis (klimaks) yang pada akhirnya diselesaikan melalui sebuah solusi atau penyelesaian. Untuk memahami lebih lanjut mengenai jenis text ini, perhatikan materi di bawah ini dengan seksama:

Pengertian dan Contoh Narrative Text Dalam Bahasa Inggris  Lengkap

Tujuan Sosial dari Narrative Text

Narrative text dibuat dengan tujuan untuk menghibur pembacanya dengan menghadirkan cerita nyata ataupun fiksi yang dikemas dengan cara yang berbeda. Dimana setiap event yang diceritakan mengacu kepada situasi krisis sampai akhirnya ada pemecahan masalah dari kondisi krisis tersebut.

Generic structure dari narrative text

Orientation: Pada bagian ini, biasanya diberikan penjelasan mengenai setting dan juga pengenalan tokoh yang ada pada cerita tersebut.

Evaluation: Menceritakan permasalahan awal yang nantinya akan mengarah pada situasi krisis (klimaks) dari cerita tersebut.

Complication: Konflik utama diceritakan pada bagian ini, merupakan permasalahan puncak dari cerita tersebut.

Resolution: Krisis terselesaikan, dimana ditemukan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan utama yang muncul pada complication tadi.

Re-orientation (optional): Penjelasan singkat mengenai permasalahan yang muncul dan bagaimana masalah tersebut pada akhirnya diselesaikan.

Coda (optional): Pada bagian ini biasanya diisi dengan penjelasan mengenai perubahan keadaan tokoh setelah masalahnya terselesaikan. Biasanya pada bagian ini kita dapat mengambil pesan-pesan moral yang ingin disampaikan dari cerita tersebut.

[sc:kodeadsense]

Ciri-ciri Kebahasaan dari Narrative Text

  • Menggunakan past tense karena biasanya berisikan legenda atrau cerita-cerita yang terjadi pada jaman dahulu  kala.
  • Berfokus kepada masalah tertentu yang dialami oleh individu atau tokoh tertentu.
  • Biasanya menggunakan noun tertentu sebagai kata ganti orang, hewan, atau benda seperti : housework, stepsisters, etc.
  • Banyak terdapat time connectives atau cnjunction untuk mengurutkan kejadian satu dengan yang laiinya seperti : before that, soon, then, etc.
  • Adverb dan adverbial phrase banyak digunakan untuk menjelaskan tempat, atau sebuah peristiwa, misalnya: here, in the market, happily ever after, etc.
  • Action verbs yang digunakan dalam bentuk past tense : cried, stayed, lived, climbed, etc.
  • Saying verbs biasanya digunakan untuk menandai sebuah ucapan seperti: said, told, promised, etc.
  • Thinking verbs digunakan untuk menandai sebuah pikiran, persepsi, ataupun perasaa dari tokoh di dalam cerita, seperti: thought, felt, understood, etc.

Untuk melihat contoh narrative text anda dapat melihatnya pada artikel saya mengenai Contoh narrative text dalam bahasa inggris dan terjemahannya (Klik Disini)

Baiklah, cukup sekian penjelasan singkat dari saya mengenai narrative text dalam bahasa inggris. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung melihat contoh narrative text yang ada pada link yang sudah saya berikan di atas. Semoga bisa membantu anda dalam memahami pengertian narrative text di dalam bahasa inggris.

Sumber : Revolusi belajar KODING Bahasa Inggris, Ganesha Operation.