Menggunakan Lirik Lagu Bahasa Inggris untuk Belajar

1 min read

Berbagai media dapat digunakan dalam mengajar atau belajar bahasa inggris. Lirik lagu bahasa inggris adalah salah satunya. Sudah banyak guru atau pengajar modern yang menggunakan lirik lagu berbahasa inggris sebagai salah satu media pendekatan untuk mengajar bahasa inggris. Dari lagu bahasa inggris kita dapat mempelajari 3 aspek sekaligus, mulai dari listening, reading, sampai speaking. Ketika sebuah lagu dipitar maka kita akan menerka kata-kata yang digunakan di dalam lagu tersebut. Lirik lagu itu sendiri dapat digunakan untuk mempelajari vocabulary baru, dan murid bisa mempraktekkan untuk menyanyikan lagu tersebut sebaga sarana melatih kemampuan berbicara dalam bahasa inggris.

Menggunakan lagu bahasa inggris yang popular dan cukup dikenal oleh murid sebagai media pembelajaran dapat membantu mnstimulasi murid untuk “enjoy” dalam mengikuti sebuah pelajaran. Ketika mendengarkan sebuah lagu bahasa inggris, pada umumnya murid akan berfokus pada kata-kata yang ada di dalam lagu tersebut dan tergerak untuk menghafalkannya. Dari lagu tersebut juga mereka dapat mempelajari bagaimana pronunciation atau cara pelafalan dari kata-kata bahasa inggris yang ada di dalam lirik lagu tersebut dengan baik dan benar. Selain bermanfaat untuk menghafalkan kosa kata baru, lagu juga bisa menjadi acuan cara pelafalan kata bahasa inggris yang tepat.

[sc:kodeadsense]

Selain kedua manfaat yang telah saya jelaskan pada paragraph di atas, ternyata lagu bahasa inggris juga dapat melatih kemampuan English Comprehension denga lebih efektif. Tema dari sebuah lagu dapat dipahami dengan lebih mudah oleh murid bila dibandingkan dengan ketika mereka mencoba memahami sebuah teks di dalam buku. Bagi sebagian orang belajar melalui lirik lagu terasa menyenangkan dan lebih efektif.

Dari sebuah lagu juga bisa dipelajari mengenai pola kalimat yang digunakan. Karena setiap lagu biasanya dibuat dengan tenses yang berbeda. Pada intinya, sebuah lirik lagu bahasa inggris dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran bahasa inggris yang efektif apabila implementasinya dikelola dan dirancang dengan baik.

Itulah beberapa fakta dan opini mengenai penggunaan lirik lagu bahasa inggris sebagai media pembelajaran. Bagaimana dengan anda? Apakah anda merasa lirik lagu bahasa inggris dapat meningkatkan keterampilan berbahasa inggris? Semoga demikian.