Ketahui Perbedaan Sederhana Antara Gerund dan Present Participle di Sini

1 min read

Belajar bahasa inggris– Perbedaan sederhana antara gerund dan present participle sangat penting untuk diketahui karena kedua hal ini seringkali membingungkan bagi orang yang baru pertama kali belajar bahasa inggris. Gerund dan present participle memang sulit dibedakan karena keduanya memiliki bentuk kata yang sama yaitu kata kerja yang berakhiran –ing.

Sebenarnya tidaklah sesulit yang anda bayangkan untuk membedakan gerund dan present participle, satu hal sederhana yang membedakan keduanya adalah Gerund berfungsi sebagai kata benda pada sebuah kalimat sedangkan present participle berfungsi sebagai kata sifat dan kata kerja. Jadi ingatlah selalu bahwa gerund adalah kata benda sedangkan present participle tidak dapat berfungsi sebagai kata benda.

Untuk lebih jelasnya, berikut saya berikan sedikit pembahasan sederhana mengenai perbedaan gerund dan present participle.

Perbedaan Gerund dan Present Participle dalam Kalimat

Gerund

Gerund berperan sebagai kata benda pada sebuah kalimat baik sebagai subjek maupun sebagai objek, pada beberapa kalimat anda juga dapat menemukan bahwa gerund berfungsi sebagai keterangan.
Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

Gerund berfungsi sebagai subjek pada sebuah kalimat:

Reading helps you learn English.
Cycling is good for your health.

Gerund berfungsi sebagai objek pada sebuah kalimat:

I don’t like writing.
Molly loves cooking.
Johh hates listening to the rock music.

Gerund berfungsi sebagai complement (pelengkap) pada sebuah kalimat:

Renny’s favorite hobby is swimming.
What Billy really like istravelling to other cities.

[sc:kodeadsense]

Present Participle

Berbeda dengan gerund, present participle sendiri memiliki fungsi sebagai kata sifat dan kata kerja di dalam pembentukan sebuah kalimat. Fungsinya sebagai kata kerja dapat dijumpai di dalam kalimat-kalimat berbentuk continuous tense. Contoh:

Present Participle berfungsi Sebagai Kata Kerja pada sebuah kalimat:

My sister is boiling us some eggs.
I am going to call you a taxi.
Jack is leaving the door unlocked.

Sedangkan fungsi present participle sebagai kata sifat dapat dijumpai apabila present participle tersebut menerangkan atau menjelaskan sebuah kata benda (noun).

Present Participle berfungsi Sebagai Kata Sifat pada sebuah kalimat:

It is a barking dog
Widi tells me an amusing story.
Physics is a boring class.

Tentunya anda dapat memahami dengan mudah mengenai Perbedaan Sederhana Antara Gerund dan Present Participle apabila anda membaca penjelasan yang saya berikan dengan seksama. Untuk lebih memahaminya cobalah untuk berlatih menulis dengan menggunakan kedua bentuk kata tersebut. Selamat berlatih!!