Contoh Memo Bahasa Inggris dan Penjelasannya

1 min read

Contoh memo dalam bahasa inggris perlu kita ketahui juga meskipun penggunaanya sudah mulai jarang, menngingat teknologi internet yang telah memudahkan segalanya. Tapi untuk beberapa alas an memo juga terkadang masih digunakan di dalam sebuah perusahaan ataupun sekolah untuk menyampaikan sebuah pesan penting.  Untuk mengetahui bagaimana cara membuat memo dengan bahasa inggris, simak pembahasan berikut ini:

Tips Membuat dan Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris

Heading (pembukaan)

Semua memo diawali dengan heading atau awalan, biasanya pada sebuah memo diawali dengan kata-kata MEMO atau MEMORANDUM yang dicetak tebal dan menggunakan huruf besar, itu menunjukan bahwa tulisan tersebut adalah sebuah memo dan isinya sangat penting untuk disimak. setelah itu, anda juga perlu menuliskan beberapa hal penting lainnya seperti:

Kepada siapa memo tesebut disampaikan.
Siapa yang menyampaikan memo tersebut.
Tanggal pembuatan memo
Perihal

Isi

Menulis isi memo sangatlah mudah dan sederhana. Tuliskan saja informasi yang ingin anda sampaikan secara singkat, namun harus jelas informasinya. Gunakan kata sesedikit mungkin, tanpa menghilangkan unsure-unsur penting dari informasi tersebut misalnya tanggal, jam, dan tempat. Meskipun ditulis dengan singkat, isinya harus tetap formal. Jangan menggunakan kata-kata yang tidak bake seperti “wanna” atau “gonna” ataupun singkatan-singkatan tidak baku seperti “LOL” atau “TTL” meskipun singkat, tetap harus formal dan professional.

Penutup

Pada bagian akhir dari memo anda, berikan tanda tangan seperti ketika anda menuliskan sebuah surat, untuk menunjukkan bahwa memo itu sangatlah penting. Namun bila anda mengirimkan memo tersebut menggunakan email, anda tidak perlu menandatanganinya.

Untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa contoh memo bahasa inggris di bawah ini:

Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris di Perusahaan

Screenshot_186

Screenshot_187

Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris di Sekolah

Screenshot_188

Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris Untuk Meeting

Screenshot_189

Beberapa memo bahasa inggris yang ada di atas merupakan contoh memo yang baik dan benar. Bila anda ingin membuat sebuah memo dalam bahasa inggris, perhatikan setiap bagian yang telah saya jelaskan di atas. Yang perlu diingat adalah, meskipun memo ditulis dengan singkat dan sederhana, jangan lupakan unsure-unsur formalitas yang ada di dalamnya. Selain itu, informasi yang ada di dalamnya juga harus lengkap sehingga orang yang membacanya tidak bingung dan dapat memahaminya dengan mudah.