Cara Meningkatkan Kemampuan TOEFL iBT Listening

1 min read

Di dalam sebuah tes TOEFL iBT ataupun PBT seringkali listening section dianggap sebagai bagian yang paling sulit. Listening section merupakan bagian dari test yang bertujuan menguji kemampuan peserta dalam hal mendengarkan baik itu mendengarkan percakapan maupun mendengarkan sebuah materi tertentu dan menentukan jawaban yang benar. Tes ini memang tidak bisa diangap sepele karena kita diharuskan mendengarkan, memahami kata-kata yang diperdengarkan, mengolah informasi, dan juga memilih jawaban yang tepat. Butuh pengetahuan vocabulary yang mumpuni serta kemampuan listening yang baik karena orang yang berbicara di dalam rekaman test listening adalah native speaker yang menggunakan dialek serta cara bicara yang terkadang sulit untuk dipahami.

Untuk mampu melewati listening section di dalam tes TOEFL dengan baik kita harus mempersiapkan diri dengan baik. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan guna mempersiapkan diri menghadapi lsitening section pada TOEFL test.

Tips dan Cara Meningkatkan Kemampuan TOEFL iBT Listening

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan membiasakan diri mendengarkan percakapan bahasa inggris. Anda bisa melakukannya dengan sering mendengarkan lagu ataupun film berbahasa inggris. Atau anda juga bisa memanfaatkan media internet dengan melihat ataupun mengunduh video-video percakapan yang dapat anda temukan dengan mudah di youtube ataupun situs penyedia video lainnya.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah meningkatkan penguasaan vocabulary. Anda dapat melihat artikel saya mengenai Tips dan Cara Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Tujuanya dari melakukan latihan ini adalah untuk mempermudah anda dalam memahami kata-kata sulit yang diperdengarkan pada saat test. Bila anda memiliki perbendaharaan kosa kata yang baik, tentu anda akan lebih mudah dalam memahami informasi yang disampaikan pada rekaman tersebut.

Langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah mengamati cara penyampaian, organisasi, serta struktur penyampaian gagasan yang biasa digunakan oleh native speaker. Pada tahap ini, tentu anda tidak bisa menggunakan lagu, video, atau film seperti pada langkah pertama. Anda bisa memulai dengan mendengarkan kuliah atau seminar yang disampaikan dalam bahasa inggris. Atau agar lebih mudah, anda bisa membeli beragam buku panduan TOEFL yang biasanya menyertakan CD di dalamnya. Dari situ anda bisa mempelajari pola yang digunakan oleh speaker ketika menyampaikan sebuah informasi ataupun percakapan.

[sc:kodeadsense]

Bila sudah melewati tahap ketiga, maka anda harus memulai tahap keempat yaitu membiaakan diri untuk mencatat poin-point penting. Membuat catatan kecil pada saat mendengarkan rekaman bahasa inggris akan membantu anda dalam mengingat detail informasi yang telah disampaikan. Dengan catatan tersebut anda juga dapat membuat sebuah rangkuman sederhana yang dapat mempermudah anda dalam memahami apa yang disampaikan oleh native speaker di dalam rekaman tersebut.

Pada langkah kelima anda harus memperhatikan keyword atau kata kunci (expression) yang digunakan oleh speaker. Setelah itu, belajarlah untuk memahami berbagai tipe percakapan dan juga gagasan. Apakah gagasan tersebut berupa sebab-akibat, menjelaskan proses, ataupun memaparkan perbandingan.

Setelah melakukan semua langkah tersebut, tips selanjutnya adalah anda harus melakukan evaluasi untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan anda. Dan yang terakhir, pastikan anda membaca dengan baik setiap instruksi yang diberikan pada saat anda akan mendengarkan listening section pada saat test. Itu sangat penting karena kebanyakan peserta tes kebingungan untuk mengisi soal karena tidak mengetahui instruksi yang diberikan.

Itulah kiranya beberapa tips dan Cara Meningkatkan Kemampuan TOEFL iBT Listening yang bisa saya berikan kepada anda. Semoga bermanfaat.