6 Strategi Cepat dan Tepat Belajar Conversation di Bahasa Inggris

Posted on

6 Strategi Cepat dan Tepat Belajar Conversation di Bahasa Inggris – Belajar conversation menjadi mudah bila kita tahu bagaimana strategi yang tepat dan cepat. Apa saja strateginya? Simak 6 poin penting berikut ini.

Katakan Sesuatu

Katakanlah apa yang ingin Anda katakan dan jangan pernah takut untuk membuat kesalahan. Tetapi takutlah dimana tidak mengetahui dimana letak kesalahan Anda. Dengan membuat kesalahan, Anda akan belajar dari kesalahan itu dan memperbaikinya. Sehingga semakin banyak kesalahan-kesalahan yang dibuat semakin banyak pula Anda belajar.

Jangan Berfokus Dengan Grammar

Tips yang satu ini mungkin terdengar gila bagi para pelajar bahasa inggris. Namun hal ini tidaklah salah. Mempelajari grammar terlalu banyak hanya akan memperlambat Anda dalam mengasah kemampuan speaking.  Anda akan berpikir tentang aturan-aturan tata bahasa itu sebelum mengucapkan kalimat bahasa inggris. Hal itu lah yang membuat Anda susah berbicara. Ingatlah bahwa penutur asli bahasa inggris pun tidak terlalu memperhatikan grammar ketika berbicara. Tanamkan dalam diri Anda bahwa tujuan dasar speaking atau communication adalah menyampaikan pesan atau maksud kepada si pendengar. Jadi selama pesan tersampaikan, tak masalah jika grammar anda kurang benar.

Pelajari Frase & Sistem Kalimat

Menghafal banyak kosa kata atau vocabulary bukanlah kunci utama untuk mengembangkan kemampuan speaking Anda karena banyaknya vocabulary yang diketahui tidak menjamin kemampuan Anda dalam membuat kalimat-kalimat yang efektif. Cobalah untuk mempelajari frase-frase serta sistem kalimat bahasa inggris. karena selain menambah vocabulary, ketepatan membuat kalimat efektif Anda akan terus berkembang. Jadi, daripada menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menghafal vocabulary atau kosa kata yang terpisah-pisah lebih baik gunakan waktu itu untuk mempelajari dua komponen tersebut sehingga Anda akan lebih dekat dengan kefasihan dalam berbahasa Inggris. [sc:kodeadsense]

Motivasi

Motivasi sangat mempengaruhi hasil belajar. Oleh karena itu motivasikanlah diri Anda sendiri dengan menyusun goal atau tujuan dalam mempelajari bahasa Inggris. Misalnya, Anda ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris agar bisa mendapatkan promosi jabatan dalam karier, sehingga mendapatkan gaji yang lebih besar dan mampu membayar segala kebutuhan atau pergi berlibur bersama keluarga.

Tulislah tujuan-tujuan tersebut disecarik kertas dan tambahkan juga foto dari setiap tujuan yang Anda miliki, seperti foto keluarga, foto calon pekerjaan Anda atau tempat yang ingin Anda kunjungi. Tempelkan kertas-kertas tersebut di tempat-tempat yang sering dilihat seperti di lemari, kaca atau meja belajar. Sehingga saat semangat Anda mulai hilang, Anda bisa meningkatkan kembali semangat dengan melihat tujuan-tujuan yang telah ditempel.

Ceburkan Diri Anda

Mampu berbicara bahasa tidak terkait dengan seberapa pintar Anda. Siapapun dapat belajar bagaimana berbicara bahasa apapun. Ini adalah fakta yang telah terbukti oleh semua orang di dunia. Semua orang dapat berbicara setidaknya satu bahasa. Tidak peduli apakah cerdas atau tidak, Anda pasti dapat berbicara satu bahasa. Hal ini dikarenakan kita berada di sekitar bahasa tersebut setiap saat. Contohnya kita bisa berbahasa Indonesia bukan karena kita belajar bahasa Indonesia. Namun kita mendengar dan berbicara dalam bahasa Indonesia secara terus-menerus.

Fakta ini bisa Anda gunakan agar bisa fasih berbahasa Inggris. Cobalah masukan diri sepenuhnya ke dalam lingkungan yang berbahasa Inggris. Bukan berarti penulis menyarankan pindah ke luar negeri. Namun masuklah atau bergabung di komunitas-komunitas bahasa Inggris di mana Anda diharuskan untuk berbicara, membaca dan mendengar bahasa Inggris setiap saat sehingga Anda akan menjadi terbiasa.

Berlatih-Berlatih dan Berlatih

Jika Anda ingin pintar berenang maka berlatihlah berenang dan jika Anda ingin pintar bermain bola berlatihlah bermain bola. Oleh karena itu, jika Anda ingin lancar berbicara bahasa inggris berlatihlah berbicara bahasa inggris. Temukanlah partner yang tepat buat berlatih. Semakin banyak berlatih, semakin Fasih Anda Berbicara Bahasa Inggris.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari