Explanation Text – Definition, Text Structure, and Language Features

Explanation Text – Definition, Text Structure, and Language Features

Saat teman – teman memperhatikan beberapa teks dalam bahasa Inggris, apakah kalian mengetahui apa sajakah jenis teks tersebut? Apakah kalian pernah membaca teks yang menjelaskan tentang fenomena alam atau sosial? Teks – teks tersebut masuk ke dalam jenis explanation text. Apakah itu explanation text? Berikut adalah definition, text structure, and language features of explanation text.

A. Definition of Explanation Text

Apakah yang dimaksud dengan explanation? Explanation adalah kata bahasa Inggris (kata benda / ‘noun’) yang memiliki arti ‘penjelasan’ dalam Bahasa Indonesia. Sedangkan kata text atau ‘teks’ memiliki arti tulisan.

Jadi, apakah explanation text itu? Explanation Text is a text that explains the processes which is related to forming of social, natural, scientific phenomena, or cultural phenomena, such as how a piece of cloth is made or how people communicate through internet. Artinya, explanation text merupakan sebuah teks yang menjelaskan proses – proses yang berkaitan dengan terbentuknya fenomena atau kejadian alam, sosial, budaya, atau ilmiah. Teks jenis ini menjelaskan proses – peroses terbentuknya suatu kejadian secara berurutan, seperti menjelaskan bagaimana selembar kain dibuat atau bagaimana orang – orang berkomunikasi memalui internet. Selain itu, explanation text biasanya membahas tentang pertanyaan how (bagaimana) dan why (kenapa).

B. The Purpose of Explanation Text

Setelah mengetahui pengertian dari Explanation Text tersebut, tujuan dari Explanation Text itu sendiri dapat diketahui. Tujuan dari jenis teks ini adalah to explain the processes of the forming of a social, cultural, natural, or scientific phenomenon. Artinya, jenis teks ini bertujuan untuk menjelaskan proses – proses dari pembentukan suatu kejadian atau fenomena sosial, fenomena alam, fenomena ilmiah, atau pun budaya.

C. Structure of Explanation Text

Setiap jenis teks dalam bahasa Inggris memiliki struktur teksnya masing – masing, termasuk expalanation text. Hal inilah yang membedakan teks ini berbeda dengan jenis teks yang lain dalam Bahasa Inggris. Struktur dari Explanation Text terdiri dari 2 bagian, yaitu:

  • General Statement

General Statement adalah bagian pertama dalam Explsnstion Text yang terletak di paragraf pertama. Bagian ini  memiliki fungsi untuk memberikan penjelasan umum mengenai kejadian atau fenomena yang akan dibahas dalam sebuah teks. General Statement dapat mengandung pengertian dari sebuah kejadian atau fenomena dan beberapa kalimat yang berisikan penjelasan umum mengenai kejadian atau fenomena tersebut.

  • Sequenced of Explanation

Sequenced of Explanation adalah bagian selanjutnya dari jenis teks ini dan terletak di paragraf selanjutnya setelah paragraf General Statement. Bagian ini memiliki fungsi untuk memberikan penjelasan mengapa dan bagaimana sebuah kejadian atau fenomena dapat terjadi atau tercipta. Penjelasan tersebut berupa proses – proses dari terbentuknya kejadian tersebut yang ditulis secara berurutan. Bagian Sequenced of Explanation ini biasanya menjawab pertanyaan “How” (bagaimana) dan “Why” (kenapa) dan dapat ditulis dalam lebih dari satu paragraf.

Note:

Explanation text tidak memiliki bagian closing (penutup) dalam strukturnya. Beberapa orang memiliki anggapan bahwa paragraf terakhir dalam explanation text merupakan closing atrau bagian penutup dari jenis teks ini. Namun, bagian terakhir dari jenis teks ini merupakan proses terakhir dari terjadinya atau terbentuknya suatu kejadian atau fenomena.

C. Language Features of Explanation Text

Setiap jenis teks, termasuk Explanation Text, pastilah memiliki beberapa karakteristik kebahasaan tersendiri yang membedakan jenis teks ini dari jenis teks lain dalam Bahasa Inggris yang lain. Karakteristik (ciri – ciri) dari Explanation Text adalah sebagai berikut:

  • Focus on the phenomenon

Karena fungsi dari teks ini yang menjelaskan fenomena atau kejadian, maka fokus dari teks ini adalah fenomena yang dibahas tersebut dan bukan merupakan penjelasan orang atau hal lainnya.

  • Written in Present Tense (Ditulis dengan menggunakan Present Tense)

Explanation Text menjelaskan proses terbentuknya suatu kejadian atau fenomena yang biasanya kejadian tersebut akan terjadi berulang – ulang, seperti terbentuknya hujan, terbentuknya salju, bagaimana orang berintrraksi melalui media sosial, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya teks ini menggunakan Simple Present Tense.

  • Answer the question of “How” and “Why”

Explanation Text biasanya berisikan jawaban dari “How” and “Why” yang dimuat dalam bagian kedua (Sequenced of Explanation) dari teks ini.

  • Technical vocabulary

Pada umumnya terdapat kosakata atau vocabulary khusus mengenai hal – hal yang dibahas dalam teks ini. Contohnya, jika teks ini membahas mengenai bagaimana cara mobil dibuat (How a car is made), maka beberapa contoh kosakata yang terkait yaitu engine, ignition, atau bonnet.

  • Text arranged into some numbered points and written in a sequence.

Explanation Text berisikan proses – proses terbentuknya suatu kejadian atau fenomena yang ditulis secara berurutan dalam beberapa poin pada bagian Sequenced of Explanation.

  • Time connectives

Karena Explanation Text menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau kejadian atau peristiwa, biasanya jenis teks ini ditandai dengan adanya kata penghubung waktu yang dapat berupa first, second, third, firstly, secondly, then, later, next, finally, atau at last.

  • Pictures with captions

Gambar beserta keterangannya umum ditemukan dalam explanation text yang berfungsi untuk membantu menjelaskan hal yang dibahas dalam jenis teks ini.

  • Diagrams with labels

Umumnya teks jenis ini juga dilengkapi dengan diagram beserta keterangannya untuk membantu menjelaskan hal yang dibahas dalam teks ekplanasi.

Demikianlah definition, text structure, and language features of explanation text. Penjelasan singkat di atas diharapkan dapat bermanfaat dan dipahami oleh teman – teman. Terima kasih.

Tags: #Definition of Explanation Text #Language Features of Explanation Text #Purpose of Explanation Text #Structure of Explanation Text

Contoh Autobiografi Bahasa Inggris
Contoh Autobiografi Bahasa Inggris
Contoh Autobiografi Bahasa Inggris – Autobiografi adalah
Contoh Biografi Diri Sendiri dalam Bahasa Inggris
Contoh Biografi Diri Sendiri dalam Bahasa Inggris
Contoh Biografi Diri Sendiri dalam Bahasa Inggris
Biografi Pahlawan Jenderal Sudirman di Bahasa Inggris & Artinya
Biografi Pahlawan Jenderal Sudirman di Bahasa Inggris & Artinya
Biografi Pahlawan Jenderal Sudirman di Bahasa Inggris
Biografi Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Inggris
Biografi Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Inggris
Biografi Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Inggris
Biografi Jokowi dalam Bahasa Inggris & Artinya
Biografi Jokowi dalam Bahasa Inggris & Artinya
Biografi Jokowi dalam Bahasa Inggris & Artinya
Biografi Agnes Monica dalam Bahasa Inggris
Biografi Agnes Monica dalam Bahasa Inggris
Biografi Agnes Monica dalam Bahasa Inggris –
Biografi B.J. Habibie dalam Bahasa Inggris & Artinya
Biografi B.J. Habibie dalam Bahasa Inggris & Artinya
Biografi B.J. Habibie dalam Bahasa Inggris &
Contoh Explanation Text About Volcano Terbaru
Contoh Explanation Text About Volcano Terbaru
Contoh Explanation Text About Volcano Terbaru –
Contoh Explanation Text About Butterfly Terbaru
Contoh Explanation Text About Butterfly Terbaru
Contoh Explanation Text About Butterfly Terbaru –
Contoh Explanation Text About Earthquake Terbaru
Contoh Explanation Text About Earthquake Terbaru
Contoh Explanation Text About Earthquake Terbaru –
Must read×

Top