Detail Penjelasan tentang Paragraf dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya

Detail Penjelasan tentang Paragraf dalam Bahasa Inggris beserta Contohnya – Dalam menulis sebuah teks, baik dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris, teman – teman pasti akan menuliskan teks tersebut dalam bentuk paragraf. Apakah teman – tema tahu apa yang dimaksud dengan paragraf? Dalam bahasa Inggris tedapat beberapa istilah yang harus kalian tahu terkait dengan paragraf. Berikut adalah detail penjelasan tentang paragraf dalam bahasa Inggris beserta contohnya.

A. What is a Paragraph?

A paragraph is a part of a text which consist of at least one sentence and beginning on a new line. It usually deals with a single event, description, idea, topic, etc. Sebuah paragraf adalah sebuah bagian dari teks yang terdiri dari minimal satu kalimat dan dimulai dari baris baru. Sebuah paragraf berisi tentang sebuah deskripsi, ide, topik dan sebagainya.

B. What are Parts of a Paragraph?

Sebuah paragraf dalam bahasa Inggris umumnya memiliki 3 bagian utama yaitu sebagai berikut.

1. Topic sentence (kalimat / gagasan utama)

Kalimat pertama dalam sebuah paragraf adalah sebuah kalimat yang berisi sebuah topik dan memberitahukan apa yang akan dijelaskan lebih lanjut dalam paragraf mengenai topik tersebut. Oleh karena itu, kalimat utama dalam sebuah paragraf disebut sebagai kalimat utama / gagasan utama (topic sentence).

2. Supporting sentence (kalimat pendukung)

Kalimat – kalimat selanjutnya yang terletak di tengah paragraf disebut sebagai kalimat pendukung (supporting sentence). Supporting sentence berfungsi untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang kalimat utama serta memberikan / berisi beberapa contoh terkait topik yang berada dalam kalimat utama.

3. Concluding sentence (kalimat kesimpulan)

Kalimat terakhir dalam sebuah pararaf disebut sebagai kalimat kesimpulan (concluding sentence). Sebuah kalimat kesimpulan (concluding sentence) umumnya berisi pernyataan yang mengulang apa yang ada dalam kalimat utama terkait topik, namun ditulis dalam bentuk dan susunan kalimat yang berbeda. Jenis kalimat ini juga terkadang berisi rangkuman poin – poin penting yang telah diuraikan sebelumnya.

C. Title of a Paragraph

Sebuah paragraf dapat kita andaikan sebagai sebuah burger dimana ada dua poting roti (sebagai kalimat utama dan kalimat kesimpulan) yang memiliki isi berupa tomat, selada, daging, dan keju (sebagai kalimat pendukung).

Sama halnya seperti sebuah burger yang kalian beli di sebuah restaurant pastilah memiliki nama, setiap paragraf yang teman – teman tulis pun sebaiknya memiliki sebuah judul (title) yang tepat. Sebuah judul berfungsi untuk memberitahu pembaca apa yang akan dijelaskan dalam paragraf tersebut dalam beberapa kata. Judul sebaiknya ditulis dengan singkat. Judul tidak perlu berupa sebuah kalimat lengkap, bahkan dapat berupa 1 kata saja. Perhatikan beberapa contoh judul berikut ini.

• My Classmate
• Freedom
• A Famous Soccer Player

D. Examples of a Good Paragraph

Berikut ini adalah beberapa contoh paragraf yang baik. Perhatianlah 3 bagian (kalimat utama, kalimat pendukung, dan kalimat penutup) yang telah dijelaskan sebelumnya.

Paragraph 1

Mrs. Robinson

One of important people in my life is my first grade teacher. Her name was Mrs. Robinson. In the schools in my country, children usually learn to print before they learn to write. Mrs. Robinson didn’t believe in printing. She thought it was a waste of time. She never got tired of teaching us how to write in cursive script (like handwriting) from the first day. At first it was hard. She made us practice a lot. I remember filling entire pages just with capital Os. After nearly one year, we finally could write in cursive and we felt very grown up. Mrs. Robinson was an important person in my life because she taught me that I can achieve anything by working hard.

Arti:

Ibu Robinson

Salah satu sosok penting dalam hidup saya adalah guru kelas satu saya. Namanya adalah Ibu Robinson. Di sekolah-sekolah di negara saya, anak-anak biasanya belajar mengetik sebelum mereka belajar menulis. Ibu Robinson tidak percaya pada pengetikan. Beliau pikir itu buang-buang waktu. Beliau tidak pernah lelah mengajarkan kami bagaimana caranya untuk menulis skrip kursif (seperti tulisan tangan) sejak hari pertama. Awalnya itu sulit. Beliau membuat kami banyak berlatih. Saya ingat ketika saya mengisi seluruh halaman hanya dengan huruf Os. Selama hampir satu tahun, kami akhirnya bisa menulis dalam kursif dan kami merasa sangat dewasa. Ibu Robinson adalah sosok penting dalam hidup saya karena beliau mengajari saya bahwa saya dapat mencapai apa pun dengan bekerja keras.

Paragraph 2

My Best Friend

My best friend, Freddie, has three important qualities. First, Freddie is always there for and is ready to have fun. Sometimes we play Frisbee in the park. For two or three days in a week, we just spend our time in my room, watching movie, listening to music and talking. Well, I talk. Freddie just listens. Second, he is completely trustworthy. Freddie is so special because I can tell Freddie my deepest secrets, and he doesn’t share them with anyone else. Third, Freddie understands my moods. Sometimes he tries to make me feel better when I am angry or sad. When I am happy, he is happy too. To sum up, my best friend is fun to be with, trustworthy, and understanding – even of he is just a dog.

Arti:

Sahabatku

Sahabatku, Freddie, memiliki tiga kualitas penting. Pertama, Freddie selalu ada untukku dan siap untuk bersenang-senang. Terkadang kami bermain Frisbee di taman. Untuk dua atau tiga hari dalam seminggu, kami hanya menghabiskan waktu di kamar, menonton film, mendengarkan musik dan berbicara. Baiklah, saya yang berbicara. Freddie hanya mendengarkan. Kedua, dia benar-benar dapat dipercaya. Freddie sangat spesial karena saya bisa memberi tahu Freddie rahasia terdalam saya, dan dia tidak membaginya dengan orang lain. Ketiga, Freddie mengerti suasana hati saya. Ketika saya marah, dia mencoba membuat saya merasa lebih baik. Terkadang dia mencoba menghibur saya ketika saya marah atau sedih. Ketika saya bahagia, dia juga senang. Singkatnya, sahabatku menyenangkan untuk dapat bersama, dapat dipercaya, dan pengertian – walau dia hanya seekor anjing.

Demikianlah detail penjelasan tentang paragraf dalam bahasa Inggris beserta contohnya. Semoga teman – teman lebih memahami apa itu paragraf setelah membaca penjelasan di atas. Semoga bermanfaat!

Tags: #contoh paragraf #definisi paragraf #paragraf

Penjelasan Complex Sentence beserta Contoh Kalimatnya
Penjelasan Complex Sentence beserta Contoh Kalimatnya
Penjelasan Complex Sentence beserta Contoh Kalimatnya Pada
Penjelasan Detail tentang Penggunaan Ungkapan Talking about Ability
Penjelasan Detail tentang Penggunaan Ungkapan Talking about Ability
Penjelasan Detail tentang Penggunaan Ungkapan Talking about
Pembahasan tentang Penggunaan Passive dalam Bahasa Inggris   
Pembahasan tentang Penggunaan Passive dalam Bahasa Inggris  
Dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, terdapat
Belasan Contoh Kalimat Negatif dalam Bahasa Inggris dan Artinya
Belasan Contoh Kalimat Negatif dalam Bahasa Inggris dan Artinya
Belasan Contoh Kalimat Negatif dalam Bahasa Inggris
Pengertian Complex Sentence dan 20 Contoh Kalimat
Pengertian Complex Sentence dan 20 Contoh Kalimat
Pengertian Complex Sentence dan 20 Contoh Kalimat
25 Compound Sentence dalam Bahasa Inggris & Artinya
25 Compound Sentence dalam Bahasa Inggris & Artinya
25 Contoh Compound Sentence (Kalimat Majemuk) dalam
30 Contoh Kalimat Expressing Possibility & Impossibility Serta Artinya
30 Contoh Kalimat Expressing Possibility & Impossibility Serta Artinya
30 Contoh Kalimat Expressing Possibility & Impossibility
Penjelasan Embedded Question Lengkap
Penjelasan Embedded Question Lengkap
Penjelasan Embedded Question Lengkap – Tahukah Anda apa
Pengertian dan Contoh Kalimat Infinitive Phrase
Pengertian dan Contoh Kalimat Infinitive Phrase
Pengertian dan Contoh Kalimat Infinitive Phrase – Infinitive
Must read×

Top